Diet yang Disarankan Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Diet yang Disarankan Untuk Menurunkan Tekanan Darah. Untuk menurunkan tekanan darah, diet yang disarankan adalah sebagai berikut:
  • Diet rendah garam (natrium/sodium)
Garam sodium banyak terkandung dalam berbagai macam makanan, bukan hanya pada garam meja saja. Penderita darah tinggi sebaiknya membatasi konsumsi garam dalam masakan, membatasi penggunaan vetsin atau penyedap masakan, kaldu bubuk, serta selalu membaca label makanan yang dibeli di luar termasuk daging olahan, snack, dan lain-lain. Batas konsumsi garam yang disarankan adalah di bawah 2300mg atau sekitar 1 sendok teh garam.
  • Diet tinggi kalium (potassium), magnesium, dan serat
Kalium, magnesium, dan serat banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Meningkatkan konsumsi buah dan sayur dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebaiknya jangan konsumsi buah dan sayur yang sudah dijus karena kadar seratnya akan turun. Beberapa makanan yang tinggi kalium, magnesium, dan serat antara lain apel, pisang, brokoli, wortel, buncis, anggur, mangga, melon, jeruk, bayam, tomat, ikan, dan lain sebagainya.
  • Disarankan juga untuk mengurangi konsumsi gula sederhana seperti yang terdapat pada gula pasir, roti putih, kue, biskuit, dan makanan manis lainnya.

Anda dapat mengkonsumsi air putih hangat ataupun air putih biasa. Suhu air putih tidak berpengaruh pada penurunan tekanan darah selama anda minum dalam jumlah cukup, tidak kurang, dan tidak lebih setiap harinya.

Comments