Kumpulan Cara Mengusir Semut di Meja Makan Paling Ampuh

Kumpulan Cara Mengusir Semut di Meja Makan Paling Ampuh

Kumpulan Cara Mengusir Semut di Meja Makan Paling Ampuh - Cara membasmi semut di rumah terutama yang sering berkerumun di meja makan, bisa dilakukan dengan mudah jika paham mengenai teknik yang tepat. Semut seringkali dianggap sangat mengganggu terutama jika mengerumuni makanan kita di rumah sehingga tidak bisa dimakan lagi.

Penyebab banyak semut di rumah salah satunya karena kebiasaan tidak memperhatikan kebersihan pada bagian meja makan seperti halnya membiarkan sisa – sisa makanan berceceran di atas meja, setelah selesai makan piring tidak langsung dicuci dan dibiarkan begitu saja, akan memicu munculnya semut untuk berdatangan. Kebiasaan yang sepele pun bisa mengundang datangnya semut ke meja makan anda. Sangat disarankan untuk anda agar selalu menjaga kebersihan.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara menghilangkan semut di meja makan yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini :

1. Menjaga Kebersihan Bagian Meja Makan


Lakukan pembersihan sesegera setelah anda selesai melakukan aktivitas makan di meja makan bersama keluarga. Jika terdapat makanan yang berceceran bersihkan dan lakukan pengelapan menggunakan air bersih agar tidak terasa lengket.

Dalam kondisi bersih semut tidak akan tergoda untuk datang karena tidak ada aroma – aroma makanan yang mengundang mereka. Jadi kebiasaan selalu menjaga kebersihan sudah sangat tepat untuk dilakukan di dalam rutinitas sehari – hari

2. Oleskan Minyak Kayu Putih Pada Bagian Kaki Meja


Minyak putih memang sangat cocok digunakan untuk meringankan gigitan serangga. Namun bisa juga dimanfaatkan untuk mengusir semut di rumah anda. Untuk mengusir semut agar tidak datang ke meja makan, anda bisa mengaplikasikan cairan minyak kayu putih dengan cara mengoleskannya di bagian kaki – kaki meja secara menyeluruh.

Sudah dibuktikan cara ini sangat efektif untuk digunakan cukup dengan memanfaatkan barang – barang yang ada di rumah tanpa harus mengeluarkan uang tambahan. Lakukan cara tersebut setiap kali aroma minyak kayu putihnya mulai menghilang.


3. Semprotkan Cairan Sabun Pencuci Piring Pada Bagian Kaki Meja


Anda bisa memanfaatkan barang rumah tangga lainnya seperti contohnya sabun pencuci piring. Buatlah cairan sabun pencuci piring dengan mencampurkan air ke dalam botol penyemprot yang sudah tidak terpakai lagi.

Kocok – kocok terlebih dahulu agar cairan bisa merata terlebih dahulu. Jika sudah jadi, anda bisa mengaplikasikannya dengan melakukan penyemprotan ke bagian kaki – kaki meja secara menyeluruh. Ulangi cara ini setiap khususnya pada saat anda sedang menyiapkan makanan.

Hal ini perlu dilakukan untuk melakukan pencegahan. Tentunya anda tidak mau bukan, apabila makanan yang sudah capek – capek anda masak justru malah dikerumunin oleh semut.


4. Manfaatkan Daun Sirih


Cara menghilangkan semut di meja makan berikutnya adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Selain memperolehnya gratis hanya tinggal petik di halaman rumah saja, daun sirih termasuk bahan alami yang sangat aman untuk digunakan.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, anda hanya perlu meremas – remas terlebih dahulu daun sirih kemudian baru anda oles – oleskan secara merata pada bagian kaki – kaki meja atau pun seluruh permukaan meja.

5. Gunakan Kapur Anti Semut


Banyak orang yang menggunakan kapur anti semut yang banyak dijual bebas di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau. Bisa digunakan berulang – ulang kali. Untuk pengaplikasiannya sangat mudah, anda hanya perlu menggariskannya saja pada bagian lantai sekitar meja makan atau pun langsung pada bagian kaki – kakinya.

Seperti halnya kapur tulis, kapur anti semut penggunaannya tidak ada bedanya. Jadi anda tidak perlu khawatir atau pun kebingungan. Setiap kali goresan kapur mulai hilang, anda bisa mengaplikasikannya kembali untuk jangka waktu panjang.

6. Gunakan Mentimun Untuk Menghilangkan Semut


Kenyataannya mentimun terbukti sanfat tidak disukai oleh semut. Jadi anda bisa memanfaatkannya untuk senjata ampuh dalam upaya mengusir semut. Cara memperolehnya juga sangat mudah dengan harga yang sangat terjangkau.

Untuk menggunakannya anda bisa menghancurkan terlebih dahulu dengan menggunakan blender. Setelah itu oleskan sari – sari mentimun ke seluruh bagian kaki – kaki meja makan. Bisa juga anda potong tipis – tipis dan letakkan pada area lantai sekitar meja makan.


7. Gunakan Perasan Air Lemon


Lemon juga sangat tidak disukai oleh semut. Anda bisa menggunakannya dalam rangka menghilangkan semut dari meja makan. Cara pengaplikasiannya cukup anda peras terlebih dahulu dan campurkan dengan air.

Kemudian masukkan ke dalam botol penyemprot dan jangan lupa kocok – kocok terlebih dahulu agar tercampur sempurna. Semprotkan pada seluruh bagian kaki – kaki meja makan dan area sekitar meja makan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, bisa ulangi cara ini secara rutin. Karena saat pembuatan cairan ini tidak langsung habis, jadi bisa digunakan kembali.


8. Gunakan Garam Untuk Menghilangkan Semut


Cara menghilangkan semut di meja makan berikutnya adalah dengan menggunakan garam. Selain ampuh digunakan untuk mengusir ular, garam bisa juga anda manfatkan untuk mengusir semut. Anda bisa langsung mengaplikasikannya dengan car menaburkan pada area sekitar meja makan. Bisa juga dengan melarutkannya terlebih dahulu dengan menggunakan air.

Selanjutnya bisa langsung anda semprotkan ke bagian kaki – kaki meja makan dan area lantai sekitar meja makan. Dengan begitu semut tidak akan berani untuk mendekat ke area meja makan anda selama cairan atau pun bongkahan garam masih ada.

9. Gunakan Air Cuka


Cuka sangat mudah anda temukan di berbagai tempat penjaja makanan pinggir jalan alias kaki lima seperti tempat penjual bakso, mie ayam dan lain sebaginya. Yang biasanya digunakan untuk menambah rasa makanan, namun sekarang bisa digunakan untuk menghilangkan semut.

Buatlah campuran air cuka dengan air biasa dan masukkan ke dalam botol penyemprot. Anda bisa langsung mengaplikasikannya dengan melakukan penyemprotan ke bagian lantai yang terdapat semut dan juga bagian kaki meja ataupun kaki kursi.

10. Gunakan Baking Soda


Untuk mengecoh semut di area meja makan dan membuat mereka tidak akan datang kembali anda bisa memanfaatkan baking soda sebagai bahan tambahan pengusir semut yang cukup ampuh untuk digunakan. Saya sarankan  untuk segera mencoba cara ini.

Anda bisa mencampurkan baking soda dengan sedikit gula. Penggunaan gula disini untuk menarik minat semut agar dating. Namun rasa baking soda yang nantinya tidak sengaja dikonsumsi oleh semut pasti akan membuatnya kapok. Keasaaman yang ada pada baking soda sangat tidak disukai oleh semut.

11. Gunakan Cengkeh


Dalam kehidupan sehari – hari cengkeh banyak dimanfaatkan untuk menghangatkan badan. Karena memang cengkeh termasuk dalam salah satu rempah – rempah paling diminati oleh orang barat. Namun disisi lain bisa juga digunakan untuk menghilangkan semut.

Proses pengapikasiannya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan penebaran cengkeh tersebut. Bisa langsung, juga bisa dihaluskan terlebih dahulu. Akan jauh lebih ampuh lagi jika dihaluskan terlebih dahulu. Karena aroma yang dikeluarkan akan lebih menyengat.


12. Gunakan Bedak Bayi


Pada dasarnya bedak bayi mempunyai wangi khas yang menenangkan. Ternyata aroma tersebut tidak disukai oleh semut. Oleh karena itu anda bisa memanfaatkan bedak bayi untuk menghilangkan semut di area meja makan anda.

Selain itu semut juga tidak suka dengan tekstur tepung dari bedak. Anda bisa mengaplikasikannya dengan cara menaburkan pada bagian sekitar kaki – kaki meja agar semut tidak berani mendekat ke meja makan anda.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara menghilangkan semut di meja makan yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Comments